The History of Java yang diterbitkan pertama kali pada 10 Mei 1817 adalah karya Raffles yang sangat fenomenal. Untuk memperingati 200 tahun penerbitan buku tersebut maka Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) dan Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) meluncurkan buku yang diberi judul “Raffles dan Kita” pada hari ini di Kedubes Inggris di Jakarta. Acara dibuka oleh Duta Besar Inggris dan dimeriahkan dengan diskusi bersama Peter Carey (sejarawan Inggris yang banyak meneliti sejarah Jawa) dan Farish Noor (penganalisa politik dan sejarawan). Read More

Siaran Pers, 2 September 2016

BALAI KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM SUMATERA BARAT MELAKSANAKAN TRANSLOKASI HARIMAU SUMATERA KORBAN KONFLIK

Bersamaan dengan puncak peringatan Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2016 di Propinsi Sumatera Bara pada hari Rabu tanggal 31 Agustus 2016 Kepala Balai KSDA Sumatera Barat Ir. Margo Utomo, MM memimpin proses translokasi harimau sumatera ke habitat alaminya. Harimau sumatera berjenis kelamin betina yang diberi nama “Gadis Liku” di kembalikan ke habitat aslinya di Taman Nasional Kerinci Seblat setelah sempat melewati proses perawatan dan observasi selama kurang lebih 2 (dua) bulan di Taman Marga Satwa dan Kinantan Bukittinggi. Read More

Siaran Pers, 12 April 2016

HASHIM DJOJOHADIKUSUMO: WANATANI AREN BERPOTENSI BAGI MASA DEPAN INDONESIA DAN DUNIA  

Oxford, Inggris — Masalah pemanasan global dan perubahan iklim sudah semakin mengkhawatirkan. Data menunjukan, di Indonesia saat ini tingkat kerusakan akibat pemanasan global mencapai sekitar 2-3 juta hektar per tahun. Sebuah situasi yang mengancam kehidupan kawasan darat dan bentang laut, manusia dan mahluk hidup lainnya. “Dalam situasi tersebut, saya  mau sampaikan bahwa kita dapat melakukan  sebuah program jangka panjang, menyangkut membangun kembali hutan dengan keragamanan hayati untuk mengembalikan habitat spesies satwa liar yang terancam punah, dapat menghasilkan energi yang ramah lingkungan serta makanan, menekan pembebasan karbon, namun pada saat yang sama juga dapat menghasilkan keuntungan, menghasilkan lapangan kerja bagi banyak orang dengan upah layak,” demikian Hashim Djojohadikusumo membuka Kuliah umumnya di Universitas Oxford, Oxford, Inggris (15/4).

Siaran Pers, 11 Maret 2015

BEDAH BUKU “JEJAK PERLAWANAN BEGAWAN PEJUANG – SUMITRO DJOJOHADIKUSUMO”

Depok, 11 Maret 2015, Pusat Sumber Belajar-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD)  mengadakan bedah buku “Jejak Perlawanan Begawan Pejuang – Sumitro Djojohadikusumo” yang diterbitkan Pustaka Sinar Harapan, April 2000. Selama 1942-1994, Sumitro menulis sebanyak 130 buku dan makalah dalam bahasa Inggris. Kegiatan ini merupakan apresiasi terhadap perjuangan hidup Sumitro dalam dunia ekonomi dan politik guna membangun Negara Indonesia menjadi lebih baik. Semangat perjuangan dan tauladan Sumitro inilah yang ingin diperkenalkan kepada generasi penerus, terutama mahasiswa FEB UI, dimana Sumitro adalah salah satu pendiri fakultas ini.

Siaran Pers Festival Majapahit 2014

Tuesday, 11 November 2014 by

Siaran Pers, 6 November 2014

FESTIVAL TROWULAN MAJAPAHIT 2014: “KESELARASAN DALAM KEBERAGAMAN”

Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) membangun Majapahit Corner yang diberi nama Mandala Majapahit (ManMa) untuk mewadahi berbagai kegiatan pelestarian tinggalan kerajaan Majapahit baik penelitian arkeologi dan bidang akademis lainnya, serta kegiatan sosial, budaya maupun ekonomi. ManMa dibangun di Trowulan dan empat perguruan tinggi yang memiliki jurusan arkeologi yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Udayana dan Universitas Hasanuddin.

Siaran Pers, 20 September 2014

DI USIANYA KE 150 TAHUN TAMAN MARGASATWA RAGUNAN SERIUS PERSIAPKAN DIRI MENJADI KEBUN BINATANG BERKELAS INTERNASIONAL

Jakarta — Taman Margasatwa Ragunan, (TMR) seluas +/- 140 Ha,  saat ini  berlokasi di kawasan Ragunan Pasar Minggu  Jakarta Selatan,  semula  adalah Kebun Binatang yang  didirikan pada tanggal 19 September tahun 1864 , di atas lahan hibah seluas 10 ha di Cikini Raya No. 73 A, dari seorang pelukis ternama Indonesia – Raden Saleh.

 Siaran Pers  9 Agustus 2013

WORLD MONUMENTS WATCH 2014 NYATAKAN TROWULAN SEBAGAI WORLD ENDANGERED SITE 

Jakarta—Trowulan merupakan situs kota yang dahulu merupakan pusat kerajaan Majapahit sebagaimana tercantum dalam kakawin Nagarakretagama oleh Prapanca dan mulai mendapat perhatian yang luas sejak tercatat dalam karya Thomas Stamford Raffles, The History of Java. Namun saat ini jika kita melihat kawasan pusaka itu, sulit rasanya percaya akan kebesaran kerajaan ini. Nyaris tak berbekas. Kerusakan dan pengrusakan terus terjadi di situ sampai hari ini. Bahkan kini tengah dirancang pendirian pabrik baja PT Manunggal Sentral Baja, persis di kawasan situs Majapahit di Jalan Raya Mojokerto–Jombang, Trowulan.

Siaran Pers    21 Agustus 2013

INDONESIA GELAR  WAYANG WORLD PUPPET CARNIVAL TERBESAR DI DUNIA

Taman Mini Indonesia Indah, Museum Nasional dan Teater Usmar Ismail Jakarta, akan menjadi ajang gelar bagi 64 kelompok seniman wayang dari 46 negara di dunia, termasuk Indonesia, yang siap tampil pada Wayang World Puppet Carnival (WWPC) 2013. Kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 1 sampai 8 September 2013 diselenggarakan oleh Persatuan Pedalangan Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Arsari Djojohadikusumo.  

Siaran Pers       28 Juni 2013

INDONESIA SELENGGARAKAN WAYANG-WORLD PUPPET CARNIVAL 2013

“Gagasan Wayang World Puppet Carnival muncul pada waktu PEPADI mengirim peserta ke WPC di Kazakhstan bulan September 2012 di Kota Almaty. Saya memimpin Team Wayang Indonesia tersebut dengan menampilkan 2 jenis wayang yakni Wayang Kulit Purwa gaya Surakarta dan Wayang Sandosa. Disana saya berpikir kenapa Kazakhstan negara yang relatif muda (baru berumur 20 tahun) dengan penduduk hanya 18 juta mampu menyelenggarakan Festival International yang diikuti oleh 23 negara. Jawabannya adalah karena hal itu merupakan pengejawantahan Visi para Pemimpin Negara tersebut yang menganggap budaya adalah sangat penting bagi pembangunan peradaban sebuah bangsa,” Kata Ekotjipto, Ketua Umum Persatuan Pedalangan Indonesia dalam jumpa pers di Jakarta (28/6).

Siaran Pers    26 Juli 2013

SUDAH WAKTUNYA KITA LEBIH PEDULI PADA UPAYA LESTARIKAN KARYA SENI ANAK BANGSA:

Yayasan Arsari Djojohadikusumo, yang didirikan oleh Hashim Djojohadikusumo membantu melakukan restorasi lukisan-lukisan karya Raden Saleh yang dikoleksi Istana Negara

TOP