Warta YAD Vol.17-2022

Warta YAD Vol.17-2022

Salam lestari,

Warta YAD Vol 17-2022

Warta kali ini hadir menyapa Sahabat ARSARI dengan tulisan utama tentang kegiatan lepas liar Harimau Sumatera “Putri Singgulung” pada 16 Oktober 2022 setelah direhabilitasi lebih dari 2 tahun. Kerja keras Tim PR-HSD ARSARI di Sumatera Barat dimulai dari proses evakuasi, rehabilitasi, dan lepas liar telah membuahkan hasil yang luar biasa. Tentunya kerja keras ini bisa berhasil dengan dukungan dari berbagai pihak, khususnya Balai KSDA Sumatera Barat dan jajaran di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Lepas liar kali ini juga sangat istimewa karena didukung langsung oleh Kementerian Pertahanan RI dan TNI Angkatan Udara melalui crew penerbang dengan helikopter untuk lepas liar. Rincian kegiatan lepas liar dan dokumentasi foto yang lengkap dapat dibaca di dalam edisi Warta kali ini.

Tulisan tentang pelestarian lingkungan lainnya mengangkat renungan dari Tim PSO-ARSARI tentang mengapa kita harus peduli dengan alam. Sebuah ajakan untuk bersahabat dengan alam, dan mengelola alam dengan bijaksana. Hal ini merupakan salah satu misi dari YAD dalam bidang lingkungan, yang terus dikuatkan dengan kerjasama bersama Balai KSDA baik di Sumatera Barat, Kalimantan Timur, dan Riau. Pada bulan Oktober ini dilakukan pembahasan Nota Kesepahaman antara YAD dengan Dirjen KSDAE, KLHK untuk memayungi kerjasama di ketiga lokasi tersebut. Tulisan tentang pembahasannya juga dimuat dalam edisi Warta kali ini.

Warta kali ini juga mengajak kita mengenal kegiatan bidang pendidikan dan sosial YAD. Kegiatan pendidikan diangkat dari tulisan mengenai monitoring sekolah penerima bantuan YAD di Jawa Tengah. Selain itu, ada pula tulisan yang mengulas tauladan Keluarga Djojohadikusumo untuk menghormati leluhur. Sebuah ulasan yang dilengkapi dengan silsilah keluarga trah Banyumas ini.


Tokoh inspiratif kali ini adalah Zul Herman yang akrab dipanggil Pak Zul, Kepala Bidang Pendidikan dan Sosial YAD yang memasuki masa purnatugas setelah mengabdikan pikiran dan tenaga bersama YAD selama 15 tahun. Tidak sedikit pemikiran yang telah didedikasikannya untuk kemajuan pendidikan dan kegiatan sosial melalui YAD.

Selamat membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published.