YAD Menyumbangkan Alat Penjernih Air ke Bolsel, Sulawesi Utara

Kabupaten Bolaang Mangondow Selatan (bolsel), Sulawesi Utara, kembali dilanda banjir bandang pada 1 Agustus 2020. Dilaporkan ribuan penduduk menjadi korban, sejumlah rumah hanyut dan rusak berat. Akibat banjir bandang tersebut penduduk sangat kekurangan makanan, air bersih dan air minum.

Untuk membantu pengadaan air minum di lokasi bencana, Yayasan ARSARI Djojohadikusumo (YAD) telah menyumbangkan 30 unit alat penjernih air yang siap minum,  Jerrycan Lifesaver. Alat ini bisa digunakan untuk membuat air yang tersedia di lokasi menjadi siap minum. Satu unit mampu menjernihkan air dan siap minum lebih kurang sampai dengan 20 ribu liter.

Untuk pengiriman dan pendistribusian Jerrycan Livesaver tersebut ke lokasi bencana, YAD bekerjasama dengan Yayasan Bumi Tangguh (YBT) Manado. Serah terima 30 unit alat penjernih air tersebut sudah dilakukan antara perwakilan YAD dan perwakilan YBT Yogyakarta pada 7 Agustus 2020.

Pada Juli 2020  YAD juga melalui kerja sama dengan YBT, telah menyumbangkan 27 unit Jerrycan Lifesaver untuk korban banjir Gorontalo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *