Press Release, 29 July 2019

Dharmasraya, 29 July 2019 – After undergoing necessary procedures for their rescue and rehabilitation, Sumatran tigers named Bonita and Atan Bintang will be returned to their natural habitat in Riau. Bonita, a female Sumatran tiger, was rescued from the area of PT Indo Plantations in Tanjung Simpang Village, Pelangiran District, Indragiri Hilir Regency on 3 January 2018. While Atan Bintang, a male tiger, was rescued from a local settlement at Pulau Burung, Indragiri Hilir Regency on 18 November 2018.  The Ministry of Environment and Forestry (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan/KLHK) in cooperation with the Dharmasraya Sumatran Tiger Rehabilitation Center – ARSARI Djojohadikusumo Foundation (PR-HSD Yayasan ARSARI), along with other stakeholders have previously carried out a series of rehabilitation on “Bonita” and “Atan” to prepare their release back into their natural habitat. Read More

Trowulan Majapahit Festival 2014

Friday, 28 November 2014 by

Press Release, 6 November 2014

FESTIVAL TROWULAN MAJAPAHIT 2014: “KESELARASAN DALAM KEBERAGAMAN”

Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) membangun Majapahit Corner yang diberi nama Mandala Majapahit (ManMa) untuk mewadahi berbagai kegiatan pelestarian tinggalan kerajaan Majapahit baik penelitian arkeologi dan bidang akademis lainnya, serta kegiatan sosial, budaya maupun ekonomi. ManMa dibangun di Trowulan dan empat perguruan tinggi yang memiliki jurusan arkeologi yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Udayana dan Universitas Hasanuddin.

Press Release:  20 September 2014

DI USIANYA KE 150 TAHUN TAMAN MARGASATWA RAGUNAN SERIUS PERSIAPKAN DIRI MENJADI KEBUN BINATANG BERKELAS INTERNASIONAL

Jakarta — Taman Margasatwa Ragunan, (TMR) seluas +/- 140 Ha,  saat ini  berlokasi di kawasan Ragunan Pasar Minggu  Jakarta Selatan,  semula  adalah Kebun Binatang yang  didirikan pada tanggal 19 September tahun 1864 , di atas lahan hibah seluas 10 ha di Cikini Raya No. 73 A, dari seorang pelukis ternama Indonesia – Raden Saleh.

 Press Release  9 Agustus 2013

WORLD MONUMENTS WATCH 2014 NYATAKAN TROWULAN SEBAGAI WORLD ENDANGERED SITE 

Jakarta—Trowulan merupakan situs kota yang dahulu merupakan pusat kerajaan Majapahit sebagaimana tercantum dalam kakawin Nagarakretagama oleh Prapanca dan mulai mendapat perhatian yang luas sejak tercatat dalam karya Thomas Stamford Raffles, The History of Java. Namun saat ini jika kita melihat kawasan pusaka itu, sulit rasanya percaya akan kebesaran kerajaan ini. Nyaris tak berbekas. Kerusakan dan pengrusakan terus terjadi di situ sampai hari ini. Bahkan kini tengah dirancang pendirian pabrik baja PT Manunggal Sentral Baja, persis di kawasan situs Majapahit di Jalan Raya Mojokerto–Jombang, Trowulan.

Press Release   21 Agustus 2013

INDONESIA GELAR  WAYANG WORLD PUPPET CARNIVAL TERBESAR DI DUNIA

Taman Mini Indonesia Indah, Museum Nasional dan Teater Usmar Ismail Jakarta, akan menjadi ajang gelar bagi 64 kelompok seniman wayang dari 46 negara di dunia, termasuk Indonesia, yang siap tampil pada Wayang World Puppet Carnival (WWPC) 2013. Kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 1 sampai 8 September 2013 diselenggarakan oleh Persatuan Pedalangan Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Arsari Djojohadikusumo.  

Siaran Pers       28 Juni 2013

INDONESIA SELENGGARAKAN WAYANG-WORLD PUPPET CARNIVAL 2013

“Gagasan Wayang World Puppet Carnival muncul pada waktu PEPADI mengirim peserta ke WPC di Kazakhstan bulan September 2012 di Kota Almaty. Saya memimpin Team Wayang Indonesia tersebut dengan menampilkan 2 jenis wayang yakni Wayang Kulit Purwa gaya Surakarta dan Wayang Sandosa. Disana saya berpikir kenapa Kazakhstan negara yang relatif muda (baru berumur 20 tahun) dengan penduduk hanya 18 juta mampu menyelenggarakan Festival International yang diikuti oleh 23 negara. Jawabannya adalah karena hal itu merupakan pengejawantahan Visi para Pemimpin Negara tersebut yang menganggap budaya adalah sangat penting bagi pembangunan peradaban sebuah bangsa,” Kata Ekotjipto, Ketua Umum Persatuan Pedalangan Indonesia dalam jumpa pers di Jakarta (28/6).

Siaran Pers    26 Juli 2013

SUDAH WAKTUNYA KITA LEBIH PEDULI PADA UPAYA LESTARIKAN KARYA SENI ANAK BANGSA:

Yayasan Arsari Djojohadikusumo, yang didirikan oleh Hashim Djojohadikusumo membantu melakukan restorasi lukisan-lukisan karya Raden Saleh yang dikoleksi Istana Negara

Pembangunan Mandala Majapahit di Trowulan

Thursday, 18 September 2014 by

Siaran Pers   12 Juni 2014

HASHIM DJOJOHADIKUSUMO: “UPAYA PELESTARIAN BUDAYA DAN PENINGGALAN SEJARAH HARUS MEMBERI MANFAAT BAGI MASYARAKAT”

“Semangat melestarikan budaya dan peninggalan sejarah tidak akan pernah dapat dilakukan secara sinambung tanpa memperhatikan aspek kemanfaatan bagi masyarakat sebagai pemangku kepentingan,” kata Hashim Djojohadikusumo dalam kesempatan menjelaskan latar belakang Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) membangun Mandala Majapahit di Trowulan, Jawa Timur.

Siaran Pers, 3 Februari 2014

HASHIM DJOJOHADIKUSUMO :   “KEPUTUSAN ADANYA HARI LIBUR BAGI TAMAN MARGASATWA RAGUNAN SANGAT TEPAT DAN STRATEGIS MENUJU LAYANAN PUBLIK YANG PROFESIONAL”

 Melalui Peraturan Gubernur No.7 tahun 2014 , tentang Hari Libur Bagi Satwa di Taman Margasatwa Ragunan, mulai 03 Pebruari 2014, TMR akan ditutup disetiap hari Senin.

Peresmian Pusat Sumber Belajar FEUI

Thursday, 09 January 2014 by

Siaran Pers, 10 Oktober 2013

HASHIM DJOJOHADIKUSUMO: “KITA HARUS BANGGA MEMILIKI BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA PERSATUAN. GUNAKAN DENGAN BAIK DAN BENAR !”

Yayasan Arsari Djojohadikusumo dan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia meresmikan Pusat Sumber Belajar Prof. Djojohadikusumo FEUI di Depok (10/10). Penamaan PSB Prof. Sumitro Djojohadikusumo FEUI, yang sebelumnya menggunakan bahasa asing “Resources and Learning Center FEUI” dilakukan  sebagai wujud penghargaan terhadap jasa-jasa Prof. Sumitro kepada FEUI dan sekaligus mewariskan kebanggan beliau terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu.