Pelayanan Sosial dari Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) terdiri dari bantuan untuk korban bencana alam dan bantuan sarana dan prasarana untuk fasilitas sosial. Bantuan bencana alam terdiri dari bantuan  jangka pendek dan jangka panjang. Bantuan jangka pendek biasanya diberikan dalam bentuk air minum/bersih, makanan, pakaian dan tenda, sedangkan untuk bantuan jangka panjang berupa papan, ekonomi, dan pelatihan.

Bantuan sarana dan prasarana terdiri dari bantuan untuk tempat-tempat  ibadah dan makam bersejarah yang rusak karena bencana alam.

Bantuan jangka panjang biasanya diberikan setelah bencana berlalu dan semua lembaga bantuan sudah pergi meninggalkan mereka. Pada saat itulah YAD mulai membantu membangun kembali tempat tinggal mereka dan memberikan bantuan ekonomi serta pelatihan berbagai keterampilan agar mereka bisa mandiri untuk melanjutkan kehidupan mereka.

YAD aktif membantu korban bencan alam yang pernah terjadi di Aceh-Nias (tsunami 2004), Yogyakarta (letusan Gunung Merapi (2010), Pariaman (gempa bumi 2009) dan Manado (banjir bandang 2014).

TOP