Indonesia adalah sebuah negara besar yang terdiri dari ribuan pulau  besar dan kecil serta didiami oleh lebih dari 500 suku yang berbeda, beragam bahasa, agama dan budayanya. Salah satu yang menjadi perhatian utama Yayasan Arsari Djojohadikusumo adalah pelestarian  berbagai pusaka  budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, baik berwujud benda (tangible) maupun yang  tidak berwujud benda (intangible).

Beberapa kegiatan pelestarian pusaka budaya yang pernah didukung oleh YAD antara lain Penelitian Arkeologi  Terpadu Indonesia (PATI) yaitu kerja sama penelitian situs Majapahit di Trowulan oleh 4 universitas terkemuka di tanah air (UI, UGM, UNHAS dan Udayana), pendirian sejumlah Mandala Majapahit (ManMa) di Trowulan, FIB UGM dan FIB Unhas, rehabilitasi makam raja-raja (Pajimatan Imogiri), karnaval wayang dunia, Wayang World Puppet Carnival (WWPC2013), restorasi lukisan Raden Saleh dan pelatihan konservasi lukisan.

Dalam kegiatan pelestarian budaya, YAD mendukung berbagai kegiatan Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) dimana HSD menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina.

TOP