Pendidikan merupakan kunci dalam upaya pembangunan bangsa Indonesia. Dukungan YAD untuk program pendidikan dilaksanakan melalui berbagai bantuan sebagai berikut:

Beasiswa

Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) memberikan beasiswa untuk pendidikan mulai dari tingkat pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi di berbagai daerah di Indonesia. Beasiswa diberikan melalui  ketentuan dan persyaratan serta prosedur yang ditetapkan oleh yayasan. Syarat dan ketentuan  beasiswaFormulir Aplikasi Beasiswa, Formulir Aplikasi Beasiswa (Lanjutan)Surat Perjanjian, dan Surat Pernyataan dapat diunduh di sini menggunakan Adobe Reader versi terbaru. Saat ini YAD tidak menerima aplikasi beasiswa baru sampai periode penerimaan berikutnya yang akan diumumkan kemudian.

Khusus untuk beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa, dosen dan guru besar di perguruan tinggi,  YAD memberikan prioritas  pada bidang-bidang budaya seperti arkeologi, sejarah nasional, sastra Indonesia dan sastra  nusantara. Bidang-bidang ini yang umumnya kurang mendapatkan perhatian baik dari pemerintah maupun pihak swasta lainnya. Akibatnya bidang ini sangat kurang diminati oleh calon mahasiswa, padahal peran budaya tidaklah kecil dalam pembangunan bangsa dan negara.

Penghargaan & Peningkatan Kesejahteraan Pendidik

Membantu menyediakan honorarium bagi guru-guru honorer di tingkat sekolah dasar dan dosen honorer di perguruan tinggi. YAD juga memberikan penghargaan dan peningkatan kesejahteraan kepada para pensiunan guru besar di bidang budaya seperti arkeologi, sejarah  nasional, sastra Indonesia  dan sastra nusantara. Para pensiunan guru besar ini masih aktif mengajar, namun tidak mendapatkan honorarium dari kampusnya.

Bantuan sarana dan prasarana serta  fasilitas pendidikan 

YAD memberikan berbagai bantuan sarana dan prasarana pendidikan mulai dari PAUD sampai perguruan tinggi baik dengan sumber daya sendiri maupun dengan bantuan dana dari sahabat-sahabat YAD. Bantuan, antara lain berupa pembangunan dan renovasi gedung, fasilitas penunjang proses belajar mengajar seperti perpustakaan, buku-buku, laboratorium komputer, laboratorium IPA, laboratorium bahasa dan fasilitas lainnya seperti peralatan marching band untuk AKMIL Magelang. Khusus bantuan buku, YAD sudah menyumbangkan sekitar 18.617 eksemplar buku dari tahun 2010-2015 ke berbagai lembaga pendidikan, mulai dari PAUD sampai perguruan tinggi. Sedangkan untuk 2015 saja, YAD sudah menyumbangkan 3.067 buku.

TOP