Satu lagi Perpustakaan Diresmikan

by / Tuesday, 27 October 2015 / Published in Pendidikan
Pak Hashim menandatangani sertifikat peresmian perpustakaan SDS 03 YTKA KemarauPak Hashim menandatangani sertifikat peresmian perpustakaan SDS 03 YTKA Kemarau

Ketua Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) yang juga Direktur Utama PT Tidar Kerinci Agung (PT TKA), Hashim Djojohadikusumo telah meresmikan Perpustakaan SD Swasta YTKA 03, Gunung Tujuh, Kemarau yang terletak di kawasan perkebunan kelapa sawit milik PT TKA, desa Kemarau, Jorong Sungai Betung, Kabupaten Dharmasraya pada 6 Agustus 2015.  Perpustakaan SD swasta YTKA 03 ini yang dibangun atas bantuan YAD mulai dikerjakan pada Juli 2014 dan selesai pada Oktober tahun yang sama.

Selain membantu pembangunan gedung perpustakaan, YAD juga melengkapi perpustakaan ini dengan buku-buku,  baik buku bacaan untuk anak-anak maupun  guru.

Kehadiran Pak Hashim ke SD 03 Kemarau ini merupakan kunjungan pertamakali dan mendapat sambutan antusias dari anak-anak, orang tua murid, guru-guru serta karyawan yang tinggal di sekitar sekolah tersebut.

Perpustakaan SDS03 YTKA Kemarau

Perpustakaan SDS03 YTKA Kemarau

Setelah peninjauan ke perpustakaan, Pak Hashim juga menyempatkan diri meninjau fasilitas lain di SD 03 tersebut seperti ruang guru, ruang kelas, ruang ibadah serta kantin sederhana untuk para siswa.

Juara Taekwondo dari Kebun Sawit

Anak-anak karyawan dan anak-anak pekerja pekebunan kelapa sawit PT TKA yang tinggal jauh di tengah perkebunan sawit dan belajar di sekolah-sekolah YTKA ternyata tidak kalah prestasinya dibandingkan anak-anak yang bersekolah di kota. Pada kesempatan tersebut Pak Hashim berkesempatan mengalungkan medali kepada 7 siswa berprestasi pada kejuaraan taekwondo tingkat provinsi Sumatera Barat.

Komitmen Perpustakaan di Setiap Sekolah YTKA

Pendidikan merupakan salah satu program utama YAD, karena itu penyediaan sarana perpustakaan yang baik dan nyaman sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar untuk anak-anak  karyawan dan anak-anak pekerja perkebunan kelapa sawit di PT TKA menjadi prioritas YAD. Ketua YAD berkomitmen bahwa  setiap sekolah yang berada di bawah pengelolaan YTKA akan dilengkapi dengan perpustakaan. Sejauh ini hanya SD 04 Lubuk Besar dan SD 01 Sungai Talang saja yang belum memiliki gedung atau ruang perpustakan yang memadai.  Dua sekolah lanjutan, yaitu SMP dan SMK YTKA juga sudah dilengkapi dengan perpustakaan.

Perpustakaan yang baru saja diresmikan di  SD 03 Kemarau merupakan  perpustakaan kedua dari 4 perpustakaan sekolah yang direncanakan akan dibangun oleh YAD. Perpustakaan pertama yang dibangun oleh YAD adalah di SD Swasta YTKA 02 Bukit Sembilan. Berikutnya adalah pembangunan perpustakaan SD Swasta YTKA 04 Lubuk Besar yang saat ini dalam proses persiapan pembangunannya. Perpustakaan ini akan dibangun YAD dengan dukungan dana dari Ibu Margaret Njoo. Ketiga perpustakaan ini berada di wilayah Kabupaten Dharmasraya.

Dalam kunjungannya, Pak Hashim juga melihat adanya kebutuhan akan perpustakaan keliling guna memenuhi kebutuhan buku bacaan bagi anak-anak dan ibu-ibu yang tinggal di komplek perumahan karyawan yang tersebar di sejumlah lokasi dalam kawasan perkebunan sawit PT TKA.

TOP