Seekor rusa Timor yang diungsikan  BKSDA Bali  ke kawasan rumah Panchoran, Bali sejak 2 Januari 2018, akibat meletusnya Gunung Agung pada akhir 2017,  telah melahirkan seekor anak kelamin betina.  Anak rusa yang diberi nama Putu Bulan itu lahir tanggal 10 Mei 2019 malam dari pasangan rusa bernama Wayan Karang dengan Putu Amla.

Pada 29 Agustus 2018 seekor harimau Sumatera yang memasuki hunian penduduk di wilayah Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Sumatera Barat berhasil ditangkap. BKSDA Sumbar kemudian menitipkan harimau tersebut untuk direhabilitasi di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PR-HSD).  Setelah melalui proses rehabilitasi beberapa waktu di PR-HSD, harimau muda yang diberi nama “Bujang Ribut” ini siap untuk dilepasliarkan kembali ke alam liar. Proses pelepasliaran sudah dilakukan pada 23 April 2019 pagi di Suaka Margasatwa Barisan, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Setelah berhasil di rehabilitasi di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PR HSD), Sopi Rantang,  seekor Harimau Sumatera korban konflik satwa liar-manusia di Kabupaten Agam  Sumatera Barat  dikembalikan ke alam liar Suaka Margasatwa Rimbang Baling, di perbatasan antara Sumatera Barat dan Riau pada 1 Juli 2018. Terlihat Sopi melangkah ke luar kandang,  menatap jauh ke hutan belantara Rimbang Baling  yang bakal menjadi tempat tinggal barunya.

 

 

Mandala Majapahit (ManMa) Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanauddin (Unhas) Ujung Pandang diresmikan pada 12 Februari 2018 oleh Ketua Yayasan Arsari Djojohadikusumo, Hashim Djojohadikusumo. Terkait dengan peresmian tersebut Hashim Djojohadikusumo juga memberikan kuliah umum di hadapan civitas akademika Unhas dengan judul: “Pembangunan Karakter Bangsa,  Kunci Kemajuan Indonesia Raya.

Subak1Subak2

 

 

 

 

 

 

Subak3

 

 

BPPI bekerjasama dengan Yayasan Arsari  Djojohadikusumo (YAD) menyelenggarakan program 3rd Bali Internship Field School for Subak (BIFSS)  2017 di Ganyar, Bali pada 18-23 September 2017. Kegiatan BIFSS  ke-3 ini diikuti sejumlah peserta dari berbagai negara dengan tema “Subak Sustainability”, Challenges and Strategies, from information to emotion. 

IMG_4047Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI/Indonesian Heritage Trust) bekerjasama dengan INTO (International of National Trust) dan Pemerintah Kabupaten Gianyar telah menyelenggarakan konferensi organisasi pelestarian se-dunia ke 17 yang disebut International Conference of National Trusts (ICNT) 2017 pada tanggal 11-15 September 2017 di Gianyar, Bali.

Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) ke-67, FEB UI bekerjasama dengan Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) mengadakan acara bedah buku dan pameran foto sejumlah tokoh penting FEB UI, terutama Sumitro Djojohadikusumo yang dikenal sebagai salah satu pendiri dan dekan pertama FEB UI (1951-1957).

ICNT2Organisasi pelestarian budaya di berbagai negara dunia yang bergabung dalam The International National Trusts Organisation (INTO) menyelenggarakan International Conference of National Trusts (ICNT) ke 17 di Bali. Museum Subak yang berlokasi di kawasan Pantai Masceti Gianyar, dipilih sebagai tempat pembukaan ICNT ke-17 tersebut pada Senin 11 september 2017.

Hashim Djojohadikusumo dianugerahi penghargaan Satya Lencana Wirakarya atas sumbangsihnya untuk pelestarian lingkungan. Sesuai dengan Keppres, anugerah tersebut disematkan oleh Ibu Menteri KLHK, Siti Nurbaya Bakar pada upacara 17 Agustus 2017 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Dalam kesempatan ini Hashim tidak bisa hadir, maka penerimaan penghargaan tersebut diwakilkan kepada putranya Aryo Setiaki Djojohadikusumo.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya meresmikan Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera di Dharmasraya (PRHSD) Sabtu 29 Juli 2017 bertepatan dengan Hari Harimau Global. Hadir pula dalam kesempatan ini Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno. PR HSD berlokasi di PT. Tidar Kerinci Agung (PT. TKA) di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat dengan total area rehabilitasi seluas 10 hektar. PR HSD merupakan Pusat Rehabilitasi pertama hasil gagasan pihak swasta. “Ini yang pertama kali, saya meresmikan pusat rehabilitasi yang digagas oleh swasta,” ujar Menteri Siti dalam pidatonya.

TOP