Seekor rusa Timor yang diungsikan  BKSDA Bali  ke kawasan rumah Panchoran, Bali sejak 2 Januari 2018, akibat meletusnya Gunung Agung pada akhir 2017,  telah melahirkan seekor anak kelamin betina.  Anak rusa yang diberi nama Putu Bulan itu lahir tanggal 10 Mei 2019 malam dari pasangan rusa bernama Wayan Karang dengan Putu Amla.

Pada 29 Agustus 2018 seekor harimau Sumatera yang memasuki hunian penduduk di wilayah Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Sumatera Barat berhasil ditangkap. BKSDA Sumbar kemudian menitipkan harimau tersebut untuk direhabilitasi di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PR-HSD).  Setelah melalui proses rehabilitasi beberapa waktu di PR-HSD, harimau muda yang diberi nama “Bujang Ribut” ini siap untuk dilepasliarkan kembali ke alam liar. Proses pelepasliaran sudah dilakukan pada 23 April 2019 pagi di Suaka Margasatwa Barisan, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Indonesia pada awalnya memiliki tiga subspesies harimau yaitu harimau bali, jawa dan sumatra. Namun saat ini hanya harimau sumatra yang masih sanggup bertahan, itu pun populasinya di alam diperkirakan tinggal 600 ekor. Secercah harapan mulai tampak bagi keberlangsungan hidup harimau sumatra yang terancam punah. Pemerintah dan masyarakat terus bahu-membahu berusaha meningkatkan populasi tertinggi dalam rantai makanan ini. Apa saja upaya agar si raja tetap bertahan? Insight with Desi Anwar membahasnya dengan Hashim Djojohadikusumo (Direktur Utama PT Tidar Kerinci Agung) dan Wiratno (Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem). Sumber: CNN Indonesia

Hashim Djojohadikusumo dianugerahi penghargaan Satya Lencana Wirakarya atas sumbangsihnya untuk pelestarian lingkungan. Sesuai dengan Keppres, anugerah tersebut disematkan oleh Ibu Menteri KLHK, Siti Nurbaya Bakar pada upacara 17 Agustus 2017 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Dalam kesempatan ini Hashim tidak bisa hadir, maka penerimaan penghargaan tersebut diwakilkan kepada putranya Aryo Setiaki Djojohadikusumo.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya meresmikan Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera di Dharmasraya (PRHSD) Sabtu 29 Juli 2017 bertepatan dengan Hari Harimau Global. Hadir pula dalam kesempatan ini Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno. PR HSD berlokasi di PT. Tidar Kerinci Agung (PT. TKA) di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat dengan total area rehabilitasi seluas 10 hektar. PR HSD merupakan Pusat Rehabilitasi pertama hasil gagasan pihak swasta. “Ini yang pertama kali, saya meresmikan pusat rehabilitasi yang digagas oleh swasta,” ujar Menteri Siti dalam pidatonya.

Saat ini populasi harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae)  di habitat aslinya di pulau Sumatera, mengalami penurunan yang luar biasa. Jumlahnya sekarang diyakini  kurang dari 400 ekor. Dari enam spesies harimau yang dikenal di dunia, Harimau Sumatra adalah salah satu spesies harimau  yang masih ada.

IMG_7502Ketua Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD), Hashim Djojohadikusumo dan Damian Aspinall, Ketua The Aspinall Foundation (TAF)  telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama Pembangunan Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PRS HSD) pada tanggal 19 April 2016 di London, UK. PRS HSD berlokasi di kawasan hutan konservasi Prof. Sumitro Djojohadikusumo, Dharmasraya, Sumatera Barat. Penandatanganan disaksikan oleh I Made Wedana – Country Director TAF Indonesia bersama tim YAD yang terdiri dari Catrini Kubontubuh – Direktur Eksekutif YAD, Sitie Indrawati Djojohadikusumo – Pengawas YAD serta Nirmala Ratimanjari dari Arsari Group.

Hashim Djojohadikusumo, Ketua Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) diundang oleh Project Southeast Asia, Universitas Oxford, Inggris untuk menjadi pembicara kunci dalam 5th Southeast Asian Studies Symposium yang telah berlangsung di Universitas Oxford Inggris dari tanggal 14-16 April 2016. Dalam pidatonya, Hashim menyoroti   masalah bisnis dan  lingkungan menuju masa depan berkelanjutan di Indonesia.

Kepedulian Hashim Djojohadikusumo melalui Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) terhadap pelestarian satwa liar akan diwujudkan dengan rencana pembangunan Pusat Rehabilitasi Satwa Liar Harimau Sumatera di area PT Tidar Kerinci Agung di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Untuk mewujudkannya, YAD akan bekerjasama dengan Aspinall Foundation yang berkantor pusat di London, Inggris.

150 Tahun Taman Margasatwa Ragunan

Monday, 26 October 2015 by

Taman Margasatwa Ragunan (TMR) tepat berumur 150 tahun pada 19 Agustus 2014. TMR adalah salah satu aset kebanggaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terletak di kawasan Ragunan Pasar Minggu  Jakarta Selatan, di atas lahan seluas 120 Ha.  TMR merupakan kebun binatang terluas nomor 2 di dunia dan tertua nomor 3 di dunia.

TOP