Menjaga Kelestarian Pusaka Indonesia

Monday, 14 December 2015 by

Indonesia yang kaya budaya, mempunyai riwayat yang panjang dalam hal sejarah dan budaya, bahkan jauh sebelum bangsa ini bersatu dalam nama bangsa Indonesia. Perhatian dan kesungguhan yang besar terhadap budaya sangat diperlukan untuk menjaga semua warisan budaya dan masa lalu tidak hilang dimakan zaman. Read More

Kanal-1

Kanal kuno ditemukan di areal pembuatan batu bata di Desa/Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (10/5/15)

Mojokerto– Situs peninggalan Kerajaan Majapahit kembali ditemukan di Trowulan. Sebuah kanal atau saluran air didapati warga di persawahan Dusun Nglinguk, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, kemarin.

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) dengan dukungan dari Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) telah mengukuhkan  guru besar tamu (Adjunct Professor) bidang sejarah yaitu Prof. Dr. Peter Carey pada 1 Desember 2014.  Prof. Peter Carey sudah aktif melakukan tugasnya di FIB UI sejak tahun 2013, namun pengukuhannya sebagai guru besar  secara resmi baru dilaksanakan 1 Desember lalu. Dalam kesempatan itu Prof. Carey menyampaikan orasi ilmiah berjudul: “The Uses and Abuses of History : A British Historian’s View of Indonesia”.  Selengkapnya dapat dibaca di situs-situs  berikut: Rumah Pengetahuan; Republika Online; dan Bisnis.com

Menjaga Buaian Nusantara

Friday, 28 November 2014 by

Republika Online, Senin, 24 November 2014

Kawasan Trowulan di Mojokerto, Jawa Timur, oleh sebagian pihak dikatakan sebagai salah satu lokasi tempat kesatuan wilayah-wilayah yang tersebar di nusantara mula-mula digagas. Di lokasi tersebut, menurut arkeolog, pernah berdiri pusat Kerajaan Majapahit pada abad ke-15.

Sejumlah situs purbakala menjadi bukti-bukti klaim tersebut. Meski begitu, ia saat ini terancam. Tak jauh dari situs yang berisi cecandian, arca, gerabah, dan bekas bangunan kuno tersebut, industri menjamur.

Mandala Majapahit, Trowulan

Mandala Majapahit, Trowulan

Koran  Jakarta, 25 November 2014

“Dari dan oleh masyarakat Trowulan untuk Kerajaan Majapahit.” Itulah sebuah kalimat yang terus diserukan dalam Festival Trowulan Majapahit 2014 (FTM 2014) yang baru pertama kali diadakan di Indonesia.

Republika Online, Sunday, 23 November 2014

Republika, Mojokerto — Aktivitas industrialisasi di daerah situs purbakala Trowulan, harus segera dihentikan. Guru besar Arkeolog Universitas Indonesia Prof Mundarjito mengatakan harus ada sterilisasi kawasan Trowulan.

Situs Trowulan

Situs Trowulan

Republika Online, 23 November 2014

Republika, Mojokerto — Menjaga dan melestarikan benda-benda pusaka (heritage) dalam kepunahan akibat ketidaktahuan dan ketidakpedulian, pelestarian cagar budaya tidak perlu mengorbankan kesejahteraan masyarakat sekitar. Pelestarian situs prasejarah justru baik bagi perekonomian masyarakat.

Ragunan Zoo Mulls Safari Night

Wednesday, 24 September 2014 by

Hashim Djojohadikusumo, the head of the supervisory board of Jakarta’s Ragunan Zoo, wants the Ragunan Zoo to have a Safari Night attraction to make the zoo more competitive with other zoos in the world.

TOP