IMG_9205

IMG_9172Bidang pendidikan merupakan salah satu fokus utama pelayanan YAD,  terutama berkaitan dengan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan berupa  gedung sekolah, perpustakaan dan sarana transportasi untuk anak-anak sekolah. PT TKA memiliki 8 sekolah  yaitu 4 SD, 1 SMP, 1 SMK dan 4 TK. Sesuai arahan Ketua Umum YAD, semua sekolah yang berada di bawah asuhan YTKA   harus dilengkapi dengan sarana perpustakaan. SDS01 yang terletak di Sungai Talang, Solok selatan itu  merupakan SD terakhir yang mendapatkan bantuan sarana perpustakaan melalui bantuan YAD.  Pembangunan fisik perpustakaan tersebut dimulai  pada tanggal 22 Februari 2017 dan selesai pada akhir Mei 2017.

Interior3

Ketua Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD), yang juga Presiden Direktur PT Tidar Kerinci Agung (PT TKA), Hashim Djojohadikusumo, meresmikan gedung perpustakaan baru  Sekolah Dasar Swasta (SDS) 04 YTKA Lubuk Besar pada 23 Mei 2016 lalu. Acara peresmian tersebut dihadiri oleh para  siswa, guru-guru, staf, karyawan dan pekerja perkebunan PT TKA yang tinggal di sekitar lokasi. Dalam acara peresmian ini diramaikan dengan  tarian tradisional yang meriah oleh anak-anak dan guru dalam pakaian adat warna-warni. Sekolah Dasar yang dikelola oleh Yayasan TKA ini  terletak di kawasan Perkebunan Kelapa Sawit PT TKA di desa Lubuk Besar, Asam Jujuhan, Kabupaten, Dharmasraya, Sumatera Barat.

Satu lagi Perpustakaan Diresmikan

Tuesday, 27 October 2015 by
Pak Hashim menandatangani sertifikat peresmian perpustakaan SDS 03 YTKA Kemarau

Ketua Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) yang juga Direktur Utama PT Tidar Kerinci Agung (PT TKA), Hashim Djojohadikusumo telah meresmikan Perpustakaan SD Swasta YTKA 03, Gunung Tujuh, Kemarau yang terletak di kawasan perkebunan kelapa sawit milik PT TKA, desa Kemarau, Jorong Sungai Betung, Kabupaten Dharmasraya pada 6 Agustus 2015.  Perpustakaan SD swasta YTKA 03 ini yang dibangun atas bantuan YAD mulai dikerjakan pada Juli 2014 dan selesai pada Oktober tahun yang sama.

Yayasan Arsari  Djojohadikusumo (YAD) dan Yayasan Wadah Titian Harapan (Wadah) telah meresmikan bangunan baru Pusat Kegiatan Masyarakat Wadah (PKMW) Al-Hidayah Selasa 28 Juli 2015 di rumah susun sewa (rusunawa) Muara Baru, Penjaringan Jakarta Utara. Acara peresmian sederhana ini tidak hanya dihadiri oleh penghuni rusunawa, tetapi juga hadir Lurah Penjaringan, Suranta, S.Sos, tokoh-tokoh  agama dan tokoh masyarakat Penjaringan. Keluarga Djojohadikusumo termasuk Anggota DPR-RI Komisi VII, Aryo Djojohadikusumo menyempatkan diri hadir dalam acara   ini.

Bertukar cenderamata saat bedah buku Prof. Sumitro

Pada 11 Maret 2015 lalu, Pusat Sumber Belajar-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PSB-FEBUI) bekerjasama dengan Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD)  mengadakan bedah buku “Jejak Perlawanan Begawan Pejuang – Sumitro Djojohadikusumo” yang diterbitkan Pustaka Sinar Harapan tahun 2000 lalu.

Beasiswa YAD

Friday, 27 June 2014 by

“Pendidikan menjadi kata kunci untuk membangun bangsa dan memastikan kemajuannya” HSD

HSD bersama keluarga memiliki perhatian yang sangat besar untuk dunia pendidikan di Indonesia. Berbagai beasiswa disumbangkan bahkan semenjak 25 tahun yang lampau, ketika belum terbentuknya yayasan keluarga. Penerima beasiswa YKHD dan dilanjutkan YAD sampai saat ini berjumlah total 1.522 orang. Penerima beasiswa berasal dari keluarga kurang mampu, murid berprestasi serta diutamakan jurusan yang terkait dengan Arkeologi, Sejarah, Sastra Jawa/Nusantara, Antropologi serta bidang kebudayaan lainnya untuk tingkat perguruan tinggi.

Perpustakaan dan Sumbangan Buku

Friday, 27 June 2014 by

“Membaca buku adalah kebiasaan yang baik” – HSD

Salah satu kegiatan YAD dalam bidang pendidikan adalah membangun perpustakaan dan memberikan sumbangan buku-buku baik kepada perpustakaan yang ada di berbagai sekolah, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan lain-lain yang membutuhkan.

“Kesejahteraan karyawan merupakan kunci keberhasilan perusahaan” – HSD

PT Tidar Kerinci Agung (TKA) merupakan salah satu perusahaan keluarga HSD yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Jumlah karyawan keseluruhan sampai saat ini adalah 2.750 orang yang tinggal tersebar di Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Dharmasraya di Provinsi Sumatera Barat, bahkan mencakup pula Kabupaten Muaro Bungo Di Provinsi Jambi.

“Pendidikan harus menjangkau masyarakat sampai ke pulau-pulau kecilnya” HSD

Pasca bencana tsunami yang melanda Aceh dan Nias pada tahun 2004, berbagai kerusakan melanda infrastruktur di lokasi bencana tersebut. Sekolah-sekolah di Sirombu-Kabupaten Nias Selatan baik SD, SMP maupun SMA mengalami kerusakan parah.

“Rehabilitasi gedung sekolah penting dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.” - HSD

Pasca gempa Yogyakarta tahun 2006, YAD membantu pembangunan kembali SD Bopkri Bintaran, Yogyakarta sesuai dengan bentuk aslinya, karena bangunan ini termasuk bangunan cagar budaya. Daun pintu, jendela, dan kayu-kayu bangunan diperbaiki dan dipergunakan lagi. Demikian juga perlengkapan furniture yang semuanya terbuat dari kayu jati tua, diperbaiki dan dipoles, sehingga bisa dipergunakan kembali.

TOP