Indonesia pada awalnya memiliki tiga subspesies harimau yaitu harimau bali, jawa dan sumatra. Namun saat ini hanya harimau sumatra yang masih sanggup bertahan, itu pun populasinya di alam diperkirakan tinggal 600 ekor. Secercah harapan mulai tampak bagi keberlangsungan hidup harimau sumatra yang terancam punah. Pemerintah dan masyarakat terus bahu-membahu berusaha meningkatkan populasi tertinggi dalam rantai makanan ini. Apa saja upaya agar si raja tetap bertahan? Insight with Desi Anwar membahasnya dengan Hashim Djojohadikusumo (Direktur Utama PT Tidar Kerinci Agung) dan Wiratno (Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem). Sumber: CNN Indonesia

Subak1Subak2

 

 

 

 

 

 

Subak3

 

 

BPPI bekerjasama dengan Yayasan Arsari  Djojohadikusumo (YAD) menyelenggarakan program 3rd Bali Internship Field School for Subak (BIFSS)  2017 di Ganyar, Bali pada 18-23 September 2017. Kegiatan BIFSS  ke-3 ini diikuti sejumlah peserta dari berbagai negara dengan tema “Subak Sustainability”, Challenges and Strategies, from information to emotion. 

IMG_4047Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI/Indonesian Heritage Trust) bekerjasama dengan INTO (International of National Trust) dan Pemerintah Kabupaten Gianyar telah menyelenggarakan konferensi organisasi pelestarian se-dunia ke 17 yang disebut International Conference of National Trusts (ICNT) 2017 pada tanggal 11-15 September 2017 di Gianyar, Bali.

Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) ke-67, FEB UI bekerjasama dengan Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) mengadakan acara bedah buku dan pameran foto sejumlah tokoh penting FEB UI, terutama Sumitro Djojohadikusumo yang dikenal sebagai salah satu pendiri dan dekan pertama FEB UI (1951-1957).

Siaran Pers, 11 September 2017

Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI/Indonesian Heritage Trust) bekerjasama dengan INTO (International of National Trust) dan Pemerintah Kabupaten Gianyar telah menyelenggarakan konferensi organisasi pelestarian se-dunia ke 17 yang disebut International Conference of National Trusts (ICNT) 2017 pada tanggal 11-15 September 2017 di Gianyar, Bali. Read More

ICNT2Organisasi pelestarian budaya di berbagai negara dunia yang bergabung dalam The International National Trusts Organisation (INTO) menyelenggarakan International Conference of National Trusts (ICNT) ke 17 di Bali. Museum Subak yang berlokasi di kawasan Pantai Masceti Gianyar, dipilih sebagai tempat pembukaan ICNT ke-17 tersebut pada Senin 11 september 2017.

IMG_9172Bidang pendidikan merupakan salah satu fokus utama pelayanan YAD,  terutama berkaitan dengan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan berupa  gedung sekolah, perpustakaan dan sarana transportasi untuk anak-anak sekolah. PT TKA memiliki 8 sekolah  yaitu 4 SD, 1 SMP, 1 SMK dan 4 TK. Sesuai arahan Ketua Umum YAD, semua sekolah yang berada di bawah asuhan YTKA   harus dilengkapi dengan sarana perpustakaan. SDS01 yang terletak di Sungai Talang, Solok selatan itu  merupakan SD terakhir yang mendapatkan bantuan sarana perpustakaan melalui bantuan YAD.  Pembangunan fisik perpustakaan tersebut dimulai  pada tanggal 22 Februari 2017 dan selesai pada akhir Mei 2017.

Siaran Pers, 29 Juli 2017

MENTERI LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN RESMIKAN PUSAT REHABILITASI HARIMAU SUMATERA DI DHARMASRAYA, SUMATERA BARAT

Memperingati Hari Harimau Global yang jatuh pada tanggal 29 Juli setiap tahunnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya meresmikan Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera di Dharmasraya (PRHSD) Sabtu 29 Juli 2017. PR HSD ini berlokasi di PT. Tidar Kerinci Agung (PT. TKA) di Dharmasraya, Sumatera Barat dengan total area rehabilitasi seluas 10 hektar. PR HSD merupakan Pusat Rehabilitasi pertama hasil gagasan pihak swasta. “Ini yang pertama kali, saya meresmikan pusat rehabilitasi yang digagas oleh swasta,” ujar Menteri SIti dalam pidatonya. Read More

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya meresmikan Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera di Dharmasraya (PRHSD) Sabtu 29 Juli 2017 bertepatan dengan Hari Harimau Global. Hadir pula dalam kesempatan ini Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno. PR HSD berlokasi di PT. Tidar Kerinci Agung (PT. TKA) di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat dengan total area rehabilitasi seluas 10 hektar. PR HSD merupakan Pusat Rehabilitasi pertama hasil gagasan pihak swasta. “Ini yang pertama kali, saya meresmikan pusat rehabilitasi yang digagas oleh swasta,” ujar Menteri Siti dalam pidatonya.

seremonial10Pada hari Selasa tanggal 11 Juli 2017, dilakn proses pemindahan  Harimau Sumatera (Leony) dari Yayasan ASTI, Gadog, Jawa Barat, ke lokasi Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PR-HSD), di Sumatera Barat. Leony diangkut dengan pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta dan mendarat di Bandara Muaro Bungo Jambi. Dari Muaro Bungo, harimau  yang lahir dan dibesarkan di kandang pemeliharaan tersebut harus melalui jalan darat ke lokasi barunya di PR-HSD.

TOP